5 Peluang Pasti Jos Usaha Agribisnis Pertanian

Publikasi Senin, 19 September 2016
Peluang Usaha Agribisnis Pertanian
Sering kali usaha di bidang pertanian oleh sebagian orang sering di anggap sebagai sebelah mata, namun bila kita cermati dengan teliti usaha di bidang agribisnis pertanian merupakan jenis bisnis yang sangat menguntungkan.


Hasil pertanian merupakan jenis produk pokok masyarakat indonesia hampir keseluruhan semua kebutuhan pokok di hasilkan dari pertanian, tanpa adanya pertanian yang baik tentu kebutuhan hidup manusia akan serba kekurangan, contoh kecil saja dari makan- makanan yang kita makan seperti sayuran dan beras itu semua merupakan hasil dari pertanian yang terus menerus di budiayakan oleh para petani kita.

Dan dari tahun ke tahun kebutuhan akan hasil pertanian tentu akan semakin meningkat itu semua di dasari akan meningkatnya jumlah manusia yang semakin hari juga semakin meningkat.
Bila kita telusuri secara rinci sebenarnya ada banyak peluang usaha dari pertanian ini dan hebatnya peluang usaha di bidang pertanian ini cenderung stabil berbeda dengan usaha-usaha lain yang terkadang hanya pasaran saja dan beberapa bulan  kemudian akan kurang begitu di cari lagi.
Berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa di jalankan untuk membentuk usaha baru yang bisa di jadikan acuan bagi petani baru :

1. Usaha Perkebunan Buah

Mengapa saya memilih usaha perkebunan buah, saat ini kebutuhan makan yang banyak di cari salah satunya adalah buah dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk mengkonsumsi buah, selain menjadi kebiasaan masyarakat ini karena buah merupakan jenis makanan yang memiliki banyak sekali khasiat.

Lalu buah apa saja yang paling di cari saat ini ?

Hampir semua jenis buah di gemari dan di buru, jadi bila kita ingin memulai bisnis buah ini merupakan saat yang cocok untuk memulainya, meskipun saat ini usaha perkebunan buah merupakan jenis usaha yang menjanjikan untuk tiga atau 5 tahun lagi saya kira usaha ini masih tetap menjadi hal yang tetap menjanjkan karena jenis usaha ini tidak akan ada matinya.

Beberapa buah yang sangat di gemari saat ini contoh saja, durian, aple, kurma,anggur dan lain sebaginya.

2. Peluang Usaha Pertanian Hidroponik

Hidroponik merupakan jenis usaha yang belum lama ini mulai populer di Indonesia walaupun sebenarnya jenis penanaman ini sudah lama di tetapkan, ini di dasari tingkat keinginan seseorang untuk menanam sayuran dan buah namun sudah untuk melakukannya karena mempunyai lahan yang sempit.



Hidroponik sendiri merupakan jenis penanaman sayuran menggunakan air yang di beri nutrisi, yang medianya bisa di tempatkan di paralon atau botol bekas, keunggulan sistem ini kita bisa menanam di atas gedung yang tidak memungkinkan adanya tanah, penanaman dengan sistem hidroponik juga lebih menyehatkan karena nutrisi yang di hasilkan bisa terserap sempurna oleh tanaman dan tidak meninggalkan bahan-bahan kimia yang menempel di dedaunan.


Sistem pembuatannya cukup mudah namun masih banyak yang kesulitan untuk membuat hidroponik ini, semakin hari proses penanaman hidroponik ini semakin banyak yang menyukainya namun banyak juga yang masih kebingungan untuk membutanya, peluang ini lah yang bisa di jadikan lahan bisnis baru yang bisa kita garap yaitu dengan membuatkan sistem hidroponik yang baik dan bisa di jalankan dengan mudah.

3 Penjualan bibit buah

Penjulan bibit buah berbeda dengan usaha perkebunan bibit buah, yang di lakukan hanya menjual bibit buah saja, seperti yang kami lakukan, saat ini peminat buah juga sangat banyak, bagi petani yang ingin menanam buah tentu memerlukan bibit buah yang cukup banyak, pembuatan bibit buah unggul tentu bukanlah hal yang mudah.



Di samping itu juga banyak para ibu-ibu dan bapak-bapak yang hanya ingin menyalurkan hobi nya untuk menanam bah di depan rumah yang kebingungan mencari bibit buah, guna memenuhi kebutuhan itu usaha penjualan bibit buah juga sangat menguntungkan.

Seperti yang kami lakukan sekarang ini, saat ini kami juga melakukan hal tersebut yaitu melakukan penjualan bibit buah secara online ini dikarenakan akan minatnya para pencari bibit buah secara online yang membuat kami menggarap bisnis ini, jumlah penjualannya memang terkadang tidak stabil namun akan terus berkembang dan tidak ada matinya selama peminat buah semakin hari semakin meningkat.

4. Membuka toko pertanian

Pada dasarnya penjualan bibit juga sama dengan toko membuka toko pertanian, namun fakta di lapangan sedikit berbeda, penjualan bibit buah lebih ke satu produk saja yaitu jenis tanaman hidup sendangkan membuka toko pertanian yang kita lihat sekarang ini kita lebih menyediakan perlengkapan pertanian yang menunjang kebutuhan pertanian lainnya, seperti hal nya penjualan pupuk, obat-obatan seperti pestisida dan perlengkapan pertanian yang lainnya.
Usaha ini saya kira lebih menjanjikan untuk mencukupi kebutuhan pertanian di samping kita usaha pertanian dalam bentuk yang lainnya, pertanian tanpa adanya toko yang menjual peralatan pertanian tentu akan susah untuk mengembangkan lahan pertaniannya.

5. Membuka kosultasi di bidang pertanian

Pengolahan tanpa adanya pendamping petani terkadang akan mendapatkan hasil yang kurang sesuai karena  itu perlu ada yang namanya seorang yang ahli di bidang pertanian yang mendampingi, untuk itu jasa konsultasi di bidang pertanian tentu sangat penting .

Kita bisa membuka di bidang ini untuk menampung keluhan para petani kita di samping petani bisa terbantu kita juga nantinya akan mendapat keuntungan dengan mengelola usaha ini, namun untuk membuka hal ini yang perlu kita ketahui adalah kita haru menguasai seluk beluk akan pertanian supaya semua pertanyaan yang di sampaikan ke petani bisa kita jawab dan bisa di praktekkan dengan hasil yang bagus juga.




Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Copyright © 2017 Toko Mega Collection - All Rights Reserved
!0
!blog
!shop
%0
%0.1
%01
%1
%13000
%2
%20
+10
+100
+1000
+15
+1500
+2
+20
+200
+2000
+24
+25
+250
+300
+3000
+5
+50
+500
+7
$0
$1
$100000
$113000
$115000
$126000
$13000
$140000
$145000
$150000
$16000
$160000
$18000
$20000
$23000
$25000
$250000
$26000
$28000
$30000
$32000
$35000
$37000
$38000
$40000
$42000
$45000
$450000
$50000
$55000
$57000
$60000
$75000
$80000
$85000
$90000
$95000
Alpukat
Anggur
Apel
Benih
Benih Buah
Benih Bunga
Benih Sayuran
Berita
Bibit
Bibit Buah
Blimbing
Cabe
Caisin
Duku
Durian
Hordeng
Hordeng Pintu
Jagung
Jahitan
Jambu
Jambu Air
Jeruk
Juwet
Kacang
Kangkung
Kedondong
Kelapa
Kelengkeng
Leci
Mangga
Manggis
Masakan
Mukena
Naga
Nangka
Penanaman
Perikanan
Perkebunan
Pertanian
Pestisida
Petai
Peternakan
Pupuk
Pupuk & Pestisida
Sawo
Semangka
Sirkaya
Terong
Timun
Wisata