Manfaat baking soda untuk tanaman dan cara menggunakannya

Publikasi Kamis, 28 Januari 2016

Tentu sudah tahu dong manfaat yang sebenarnya dari baking soda ? baking soda lebih populer di kalangan pembuatan makanan seperti roti yang lebih umum di gunakan sebagai bahan penembang roti ternyata mempunyai manfaat lain, salah satunya adalah sangat bermanfaat untuk tanaman, Sebenarnya banyak sekali manfaat lain dari baking soda ini bukan hanya untuk tanaman tapi nanti saya akan sedikit mengulasnya untuk melengkapi artikel ini.


Ilmu ini sudah ada yang memprakteknya sebagian petani lokal telah memanfaatkan baking soda untuk tanamannya dan rata- rata mereka melakukannya lebih dari satu kali dan itu berlanjut ketika mereka melakukan penanaman .

Untuk  lebih jelasnya saya akan menjelaskan manfaat baking soda tersebut untuk tanaman.
Manfaat Baking soda untuk Tanaman.

Baking soda adalah suatu bahan tertentu yang di dalamnya terdapat kandungan – kandungan yang fungsi utamanya adalah sebagai pengembang makan seperti roti.

Ternyata di dalam kandungan baking soda tersebut terdapat zat tertentu yang bisa di manfaatkan untuk penunjang kelancaran bertani.

Penggunaan baking soda bukan anpa alsan dan asal coba- coba, bayak dari petani yang menggunakan baking soda sebagai penunjang tanaman untu karena ada pendahulunya yaitu para petani yang sudah terlebih dahulu menggunakan baking soda untuk tanamannya.

Hal hasil dari pengguaan baking soda hasil yang di harapkan memang berbeda sehingga panen yang di dapat pun juga melimpah dengan bantuan baking soda ini.

Manfaat baking soda untuk tanaman dan pengunaannya

Nada semua haru tau seberapa besar manfaat yang kita bisa dapat dari baking soda ini untuk membantu kelancaran dalam bertani.

Saat akan membahas 4 jenis manfaat baking soda untuk tanaman ini dan di tambah dalam bidang pertanian .

Beberapa di antarannya adalah sebagai Fungisida , Pestisida dan menetralkan Hp tanah.

1)  Baking soda untuk fungisida Non – Toxi


Baking soda ternyata dapat di gunakan sebagai fungisida yang sangat ampuh sebagai pembunuh hama – hama tanaman seperti pencegahan jamur, pengusir serangga dan lain - lain .

Cara pembuaan  Fungisida non – toxic

Fungisida adalah salah satu bahan yang di gunakan sebagai pembasmi hama seperti jamur dan serangga  pada tanaman, beberapa kegunaan tersebut di antaranya adalah :

Pembasmi jamur, Kita bisa menggunakan baking soda sebayak 1 sdt yang di larutkan ke dalam air sebayak 1 liter air bersih kemudian semprotkan pada bagian tanaman yang mulai kehitaman  yang biasannya terkena serangan – serangga jamur.

Hama ini biasannya menyerang pada tanaman seperti mawar dan anggur yang menyerang pada bagian batang tanaman.

Pencegahan dan mengobati jamur tepung, Sedangkan untuk hama tanaman lain seperti jamur tepung yang sering menyerang pada daun yang terjadi pada tanaman seperti tanaman impatient, lilac, ketimun, zucin melon dan labu kita bisa membuat ramuan baking soda 1 sdt baking soda yang di campur dengan air 1 liter kemudian di campur lagi minyak nabati kemudian sabun cuci piring kemudian aduk sampai rata.

Kita bisa menyemprotkan pada tanaman yang terkena janur tepung, penyemprotannya sebaiknya di lakukan pada sore hari agar bahan – bahan tersebut lebih meresap ke tanaman dan tidak menguap karena sinar matahari.

Sedangkan untuk pencegahan dari jamur ini kita bisa melakukan penyemprotan merata pada seiap tanaman lebih kurang 1 Minggu sekali.

Sebagai bahan pengusir serangga, untuk pengusir serangga seperti semut, rayap, agas dan trip kita bisa menggunakan beberapa campuran tambahan beberapa campuran tersebut adalah baking soda 1 sdt yang di campur pada 1 liter air kemudian di campur juga menggunakan sabun cuci piring setelah itu aduk hingga merata, cara penggunaannya cukup menyemprotkan pada bagian tanaman yang terserang hama ini.

2) Baking soda untuk bahan pembuatan Insektisida

Beberapa kandungan yang terdapat pada baking soda ternyata juga ampuh sebagai pembuatan insektisida yang di percaya bisa mencegah hama tanaman seperti ulat yang sering menyerang tanaman kol/kubis, brokoli dan tanaman lain seperti kale dan lain – lain.

Proses pembuatannya kita bisa mencampurkan baking soda yang di campur dengan tepung terigu dengan perbandingan 1 : 1 sedang proses penggunaannya cukup mudah bahan – bahan ini prinsipnya sebagai umpan agar ulat – ulat tersebut memakannya dan nanti akan mati setelah memakannya.
Untuk itu kita bisa menaburkan bahan- bahan tersebut ke bagian tanaman yang terserang hama tersebut dalam 1 – 2 hari di jamin ualt –ulat tersebut akan mati.

3) Baking soda sebagai bahan pembuatan herbisida

Penggunaan baking soda ternyata juga ampuh sebagai bahan pembunuh gulma dan lumut, penggunaannya pun cukup mudah kita bisa langsung menaburkan baking soda kebagian tanaman yang terkena lumut, di jamin dalam beberapa hari gulma dan lmut akan hilang seketika.

Fungsi lain baking soda untuk tanaman

Ternyata selai yang saya sebutkan 3 manfaat baking soda tersebut baking soda sendiri mempunyai manfaat lain di antarannya adalah :

1) Pemanis tomat

Penggunaan bakin soda untuk pemanis buah tomat sangat manjur di lakukan caranya cukup dengan menaburkan ke bagian tanaman tomat secara merata pada tanaman tomat yang sedang berbunga.

Cara ini bisa juga di lakukan pada tanaman buah lainnya tenunnya dengan komposisi tertentu yang bisa di serapkan langsung.

2) Membuat sayuran tetap hijau setelah di rebus

Penggunaan baking soda juga sangat ampuh untuk membuat sayuran tetap hijau ketika di lakukan perebusan sehingga kita bisa menikmati sayuran tersebut dan bisa terlihat segar, penggunaannya kita bisa menaburkan baking soda secukupnya waktu masih merebus sayuran dengan komposisi tertentu.

3) Menjaga Ph tanah


Biasannya untuk menjaga Ph tanah agar bisa stabil sebelum d lakukan penanaman, baking soda adalah zat yang bersifat alkalin/basa dan pengunaan ini bisa di lakukan apabila terjadi musim hujan kita bisa menaburkan baking sodah untuk menetralkan Ph tanah yang bersifat Basa karena terjadinya hujan.

Untuk melihat ulasan lain tentang manfaat tanaman silahkan kunjungi di ulaskhasiat

Artikel

Baca Artikel Lainnya

Review Product

Copyright © 2017 Toko Mega Collection - All Rights Reserved
!0
!blog
!shop
%0
%0.1
%01
%1
%13000
%2
%20
+10
+100
+1000
+15
+1500
+2
+20
+200
+2000
+24
+25
+250
+300
+3000
+5
+50
+500
+7
$0
$1
$100000
$113000
$115000
$126000
$13000
$140000
$150000
$16000
$160000
$18000
$20000
$23000
$25000
$250000
$26000
$28000
$30000
$32000
$35000
$37000
$38000
$40000
$42000
$45000
$450000
$50000
$55000
$57000
$60000
$75000
$80000
$85000
$90000
$95000
Alpukat
Anggur
Apel
Benih
Benih Buah
Benih Bunga
Benih Sayuran
Berita
Bibit
Bibit Buah
Blimbing
Cabe
Caisin
Duku
Durian
Jagung
Jahitan
Jambu
Jambu Air
Jeruk
Juwet
Kacang
Kangkung
Kedondong
Kelapa
Kelengkeng
Leci
Mangga
Manggis
Masakan
Mukena
Naga
Nangka
Penanaman
Perikanan
Perkebunan
Pertanian
Pestisida
Petai
Peternakan
Pupuk
Pupuk & Pestisida
Sawo
Semangka
Sirkaya
Terong
Timun
Wisata